5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram atau Signal

5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram atau Signal

WhatsApp akan melakukan perubahan pada ketentuan dan kebijakan privasi pengguna. Ini diumumkan pada Desember 2020 lalu. Kebijakan privasi baru ini disinyalir menurut beberapa kritikus Whatsapp akan menyerahkan data pengguna ke Faceboook. Untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp mau tak mau kamu harus menyetujui kebijakan privasi baru ini.

Tak sedikit orang memutuskan berpindah ke platform lain seperti Signal dan Telegram demi menjaga keamanan data pribadinya. Jika kamu tidak berniat untuk pindah dari platform WhatsApp ke Signal atau telegram, kamu bisa melakukan 5 tips ini untuk menjaga keamanan kamu di WhatsApp sebagaimana dikutip detikINET dari India TV News, Sabtu (6/2/2021).

1. Tidak membagikan informasi penting di WhatsApp

Raksasa milik Facebook telah meluncurkan kebijakan privasi barunya yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses lebih banyak detail daripada sebelumnya. Meskipun perusahaan memastikan mereka tidak akan membaca pesan pengguna, lebih baik hindari berbagi informasi rahasia di WhatsApp.

2. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Tak dimungkiri, ada sejumlah pengguna WhatsApp mengeluh tentang pengalaman diretas. Untuk menghindarinya, pengguna bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah di WhatsApp. Menggunakan fitur ini, pengguna tidak hanya akan diminta untuk mengisi OTP saat mengatur akun WhatsApp mereka di smartphone baru, tetapi mereka juga akan diminta untuk memasukkan pin enam digit.

Cara mengaktifkannya dengan cara berikut. Masuk ke WhatsApp Settings > Account > Two-Step Authentication.

3. Gunakan kunci aplikasi bawaan WhatsApp

Pengguna WhatsApp selanjutnya dapat meningkatkan keamanan aplikasi dengan mengaktifkan fitur kunci aplikasi. Untuk melakukan itu, pengguna hanya perlu menuju ke Pengaturan WhatsApp> Account> Privacy> Screen Lock.

4. Aktifkan kunci WhatsApp Web

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan pembaruan yang memungkinkan pengguna mengunci WhatsApp Web di PC. Jika ini diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memverifikasi diri mereka sendiri dengan otentikasi Biometrik untuk mengatur WhatsApp Web di laptop atau PC baru.

5. Periksa pengaturan privasi

Terakhir, pengguna WhatsApp disarankan untuk memeriksa pengaturan privasi mereka. Menggunakan halaman pengaturan ‘Privacy’, pengguna dapat memilih siapa yang dapat melihat gambar profil mereka, status serta last seen.

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply