Mengenal Phising dan 8 Cara Menghindarinya, Khusus UKM

Mengenal Phising dan 8 Cara Menghindarinya, Khusus UKM

Kejahatan siber dapat menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Baik sebagai individu, maupun bagian dari perusahaan yaitu karyawan. Perusahaan sekelas Startup maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pun tak luput dari incaran kejahatan siber.

Kejahatan dan serangan berbasis siber selalu punya metode untuk menjerat korban. Salah satunya adalah phishing, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing). Pelakunya berfokus pada memancing informasi data pribadi dan terutama informasi finansial, seperti kartu kredit,kata sandi, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 8 tips dari pakar perusahaan keamanan siber, Kaspersky yang dikutip Liputan6.com untuk UKM dan karyawan agar tidak terjebak phishing:

1. Edukasi Dasar Keamanan Siber
Misalnya, karyawan sebaiknya tidak membuka atau menyimpan file dari email atau situs web yang tidak dikenal karena dapat membahayakan seluruh perusahaan, atau dengan tidak menggunakan detail pribadi apa pun dalam kata sandi mereka.

Untuk memastikan kata sandi yang kuat, staf tidak boleh menggunakan nama, tanggal lahir, alamat jalan, dan informasi pribadi lainnya.

2. Tangani Data Sensitif Secara Rutin
Misalnya, untuk hanya menyimpan data di layanan cloud tepercaya yang perlu diautentikasi untuk akses, dan tidak boleh dibagikan dengan pihak ketiga yang tidak tepercaya.

Itu adalah dua aspek terpenting soal keamanan siber yang wajib diketahui jika kita berkecimpung di online.

Nah, selanjutnya kita akan bahas cara terhindar dari phishing lebih mendalam, yakni soal teknis. Berikut deretan caranya:

Cara Terhindar Dari Phishing

  • Menerapkan penggunaan perangkat lunak sah, yang diunduh dari sumber resmi.
  • Membuat cadangan data penting, serta memperbarui peralatan dan aplikasi TI secara teratur. Hal ini untuk menghindari kerentanan belum ditambal, yang dapat menyebabkan pelanggaran.
  • Konfigurasikan enkripsi WiFi. Sangat penting untuk mengonfigurasi koneksi jaringan Anda dengan benar, dan mengatur login serta kata sandi router secara teratur.
  • Gunakan VPN ketika akan menyambungkan ke jaringan WiFi yang bukan milik Anda. Saat terhubung melalui VPN, semua data Anda akan dienkripsi, apa pun setelan jaringannya, dan pihak luar tidak akan dapat membacanya.
  • Gunakan layanan korporat untuk email, pesan, dan semua pekerjaan lainnya. Tetap berpegang pada sumber daya perusahaan saat bertukar dokumen dan informasi lainnya. Drive cloud yang dikonfigurasi untuk bisnis, umumnya jauh lebih andal daripada versi pengguna gratis (free user versions).
  • Lindungi perangkat dengan solusi antivirus. Sangat penting bagi Anda untuk menginstal solusi keamanan yang andal di semua perangkat yang menangani data perusahaan.

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply