Mengenal Bumble, Aplikasi Kencan yang Membuat CEO-nya Jadi Wanita Miliarder Termuda di Dunia

Mengenal Bumble, Aplikasi Kencan yang Membuat CEO-nya Jadi Wanita Miliarder Termuda di Dunia

Aplikasi Bumble adalah aplikasi kencan yang terus melejit akhir-akhir ini. Dilansir dari laman DMR, aplikasi kencan ini memiliki 55 juta pengguna di seluruh dunia. Pada saat bersamaan, 75 persen dari para penggunanya berusia di bawah 35 tahun.

Berbeda dari aplikasi-aplikasi kencan lainnya, Bumble memberikan keleluasaan bagi perempuan untuk proaktif mengajak berkenalan. Di Bumble, hanya wanita yang dapat melakukan perkenalan terlebih dahulu, faktor pembeda dari Tinder dan aplikasi kencan online lainnya.

Dilansir dari The Sun, sejak Bumble diluncurkan, aplikasi kencan ini sudah memasangkan 850 juta pasangan dan sekitar 5000 pernikahan sudah dilangsungkan melalui perkenalan lewat Bumble.

Untuk tampilan aplikasi, Bumble tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi kencan lainnya. Jika seseorang merasa tertarik dengan orang lain, ia dapat menggeser ke kanan (swipe right) dan jika tidak suka, dapat menggeser ke kiri (swipe left). Dan ketika kedua pihak saling menyukai, akan terjadi kecocokan atau “match”.

Akan tetapi, jika kedua belah pihak saling tertarik dan sudah ada “match”, namun pihak perempuan belum mengirim pesan selama 24 jam, aplikasi Bumble menghapus tanda cocok atau “match” kedua pihak sehingga tidak terhubung lagi.

Cara Registrasi

Untuk menggunakan aplikasi Bumble, pengguna dapat melakukan langkah -langkah berikut:

  1. Unduh aplikasinya lewat aplikasi store gawai masing-masing atau laman Bumble.
  2. Buat akun Bumble dengan mengisi form yang sudah disediakan. Cara lain untuk memperoleh akun adalah dengan menghubungkannya dengan laman Facebook pengguna sehingga akun Bumble akan tersambung otomatis dengan Facebook.
  3. Selanjutnya, di bagian profil, pengguna dapat mengunggah foto, menuliskan bio singkat pengguna, serta mengaktifkan lokasi untuk mencari pasangan potensial di area sekitar pengguna.
  4. Anda dapat menggeser kanan untuk menyukai dan menggeser kiri untuk menolak saat menggunakannya. Jika kedua belah pihak saling menyukai, akan terjadi kecocokan atau “match”.
  5. Jika sudah terjadi kecocokan atau “match”, pihak perempuan harus yang dahulu memulai percakapan. Jika selama 24 jam belum terjadi pengiriman pesan, maka tanda cocok atau “match” akan hilang dengan sendirinya. Demikian juga jika perempuan sudah mengirimkan pesan dan pihak laki-laki belum menjawab pesan tersebut selama sehari, maka tanda cocok (match) juga akan hilang.

Keunggulan Bumble

Keunggulan Bumble adalah aplikasi kencan ini gratis dan tidak berbayar untuk melakukan registrasi.

Namun, disediakan juga fitur khusus bagi pelanggan berbayar. Misalnya, tanda cocok (match) tidak akan hilang, kendati sudah lewat dari 24 jam belum mengirim pesan atau membalasnya.

Pengguna Bumble juga dapat memverifikasi akunnya dengan mengambil gambar, serta melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Verifikasi ini ditunjukkan dengan tanda centang biru pada akun pengguna. Tujuannya, sebagai bukti bahwa akun tersebut bukan boot komputer atau akun palsu.

Selain untuk mencari pasangan, aplikasi Bumble juga tersedia untuk memperluas jaringan atau pertemanan. Hal ini akan ditanyakan selama proses registrasi awal.

Jika Anda tidak bertujuan untuk membangun relasi romantis saja, Anda dapat memilih “mode BFF” untuk mencari teman, menambah relasi, hingga membangun jaringan karier di masa depan.

Pendiri dan CEO Bumbles

Whitney Wolfe Herd mendirikan Bumble pada 2014 tak lama setelah dia menuntut Tinder, majikan sebelumnya, atas pelecehan seksual. Dia menuduh bahwa mantan bos dan pacarnya, Justin Mateen, telah mengirim ancaman, teks yang menghina, dan mencabut gelar pendiri bersama di Tinder. Tinder membantah melakukan kesalahan, dan kasus itu diselesaikan dengan cepat dan rahasia.

Setelah meninggalkan Tinder, Wolfe Herd bekerja dengan Andrey Andreev, seorang miliarder Rusia yang berbasis di London yang telah membangun aplikasi kencan online yang sukses untuk pasar Eropa dan Amerika Latin, untuk memulai Bumble.

Menurut prospektus Bumble, Wolfe Herd memiliki 21,54 juta saham atau setara dengan 11,6% perusahaan.  Selain menjadi miliarder wanita termuda di dunia saat usianya masih 31 tahun, dia juga CEO wanita termuda yang pernah membawa perusahaan menjadi publik di AS.

Bumble adalah aplikasi kencan besar kedua yang go public, setelah IPO 2015 dari Match.com. Match Group mencoba membeli perusahaan Wolfe Herd pada 2017 seharga USD450 juta.

Dengan USD76 per saham Kamis sore, kapitalisasi pasar Bumble adalah USD8,6 miliar. Match Group, yang juga memiliki aplikasi kencan Tinder, memiliki kapitalisasi pasar USD45 miliar.

Sumber: https://tirto.id/mengenal-bumble-aplikasi-kencan-serta-cara-pakai-dan-registrasinya-fZ4c, https://economy.okezone.com/read/2021/02/16/455/2362725/wanita-ini-jadi-miliarder-termuda-di-dunia-berkat-aplikasi-kencan?page=2

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply