Apa Itu Clubhouse? Aplikasi Audio Chat yang Mulai Populer

Apa Itu Clubhouse? Aplikasi Audio Chat yang Mulai Populer

Aplikasi Clubhouse yang muncul sejak Maret 2020 lalu menjadi popoler setelah CEO Tesla Elon Musk menggunakannya dan menunjukkannya kepada warganet di kanal Youtube. Selain itu, Ia mengajak Vladimir Putin, Presiden Rusia untuk bergabung dalam percakapan di aplikasi favorit barunya itu.

Aplikasi Clubhouse memungkinkan pengguna membuat dan bergabung dalam satu ‘ruang’ virtual untuk mengobrol dengan orang lain dalam panggilan konferensi yang besar. Aplikasi itu hanya memungkinkan komunikasi menggunakan audio, tanpa ada gambar, video atau bahkan pesan teks.

Awalnya, aplikasi dari Silicon Valley tersebut hanya memiliki 1500 pengguna selama dua bulan setelah peluncuran, dikutip The Guardian, Senin (15/2/2021). Namun, sejak Elon Musk ikut serta dalam Club House, aplikasi ini semkain melejit dan mendapatkan atensi publik.

Salah satunya di Twitter, aplikasi berbasis audio-chat itu masuk dalam 30 besar trending topic Indonesia pada Senin sore ini.

Mereka juga telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi.

Per 1 Februari lalu, Clubhouse juga telah memiliki 2 juta pengguna. Saat ini nilai perusahaannya pun US$1 miliar ini berbeda pada Mei 2020 hanya bernilai US$100 juta. Clubhouse kiniĀ  dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

1. Cara Bergabung dengan Clubhouse

Aplikasi Clubhouse saat ini hanya bisa diunduh bagi pengguna perangkat iOS saja. Berbeda dengan platform lain yang hanya tinggal unduh lalu membuat akun, aplikasi ini menawarkan sifat eksklusifitas bagi penggunanya, karena pengguna hanya bisa masuk dengan undangan dari pengguna Clubhouse lain.

Namun, CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan, aplikasi itu pada akhirnya akan terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android.

Layaknya seperti podcast, pengguna bisa mendengarkan percakapan, interview, dan diskusi dari pengguna lain. Akan ada pembicara dan pendengar dalam room tersebut.

2. Cara kerja Clubhouse

Saat membuka aplikasi, pengguna akan disajikan dengan daftar ruang, serta daftar yang menunjukkan siapa yang ada di setiap ruang.

Pengguna dapat bergabung ke ruang dengan mengetuknya, atau memulai ruangnya sendiri.
Sejauh ini, sebagian besar ruang Clubhouse memiliki suasana TED Talk, dengan satu tamu berbicara, dan semua orang mendengarkan.

Pengguna lain dapat bergabung dalam percakapan jika dianggap pantas oleh moderator, tetapi tergantung pada obrolan, dan hal ini jarang terjadi.

Selalu ada lusinan percakapan yang terjadi pada waktu yang sama, sehingga memungkinkan pengguna beralih antara subjek dan pembicara berdasarkan minat mereka.

Ruang Clubhouse dipandu oleh para ahli, tokoh terkenal, selebriti, pemodal ventura, jurnalis, dan banyak lagi.

3. Cara Pengguna Clubhouse Menghasilkan Uang

Dengan sifatnya yang eksklusif dan diunduh gratis dari App Store, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara pengguna Clubhouse mendulang uang?

CEO, Paul Davidson mengatakan sedang merencanakan untuk membuat model langganan atau membeli tiket agar pengguna bisa mendapatkan uang dari sana.

“Ada begitu banyak orang yang pintar, lucu, memiliki keahlian domain, orang yang bisa membawa orang lain bersama. Dan kami ingin mereka bisa hidup langsung dari Clubhouse lewat seperti langganan dan tiket acara dan mendapatkan tip dari pendengar yang senang untuk pengalaman yang mereka buat,” ungkapnya, dikutip CNBC Internasional.

Saat ini memang belum ada iklan masuk ke dalam aplikasi. Selain itu Clubhouse juga dapat diunduh secara gratis.

Namun Davidson menjanjikan jika akan segera memperkenalkan model bisnis itu sesegera mungkin.

Dirangkum dari berbagai sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/15/121000065/mengenal-clubhouse-aplikasi-obrolan-suara-yang-mulai-populer?page=all, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210215182556-37-223516/apa-itu-clubhouse-aplikasi-audio-chat-yang-dipakai-elon-musk, https://www.liputan6.com/global/read/4484203/vladimir-putin-tertarik-ngobrol-dengan-elon-musk-lewat-aplikasi-clubhouse

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply