9 Fitur Whatsupp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

9 Fitur Whatsupp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

WhatsApp Business hadir sejak September 2017 lalu. WhatsApp telah menguji aplikasi sekaligus layanan baru yang ditujukan untuk pebisnis . Ini akan memudahkan pebisnis atau perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Sebaliknya konsumen akan merasa aman karena kontak perusahaan tersebut terverifikasi.

Aplikasi WhatsApp Business merupakan aplikasi mandiri yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp Messenger. Meski logo kedua aplikasi ini mirip, perbedaannya terletak pada bagian tengahnya. Pada WhatsApp Business terdapat huruf B kapital yang menjadi pembeda utama dengan WhatsApp Messenger.

Berikut adalah 9 fitur whatsapp business yang perlu kita ketahui:

1. Profil Bisnis

  • Untuk mengaktifkan profil bisnis Anda cukup masuk ke Setelan kemudian pilih Setelan Bisnis.
  • Profil Bisnis: isi profil kita sedetail dan sejelas mungkin. Jika ingin mengedit kalian bisa klik tanda pensil di kanan dan mulai mengisi Nama, Kontak, Alamat, dan Titik Maps lokasi bisnis kita.
  • Label: menerangan bisnis kita di bidang apa. Sesuai bisnis yang sedang kita jalankan misalnya keuangan, fashion, kuliner, kecantikan, dan lain-lain.
  • Layanan Bisnis: Jam buka bisnis. Lebih baik jangan atur jam buka toko untuk 8 jam agar customer dapat selalu menghubungi Anda. Setting lah hanya pada jam buka saja. Ini agar customer dapat terus menghubungi kita 24 jam.
  • Email, cantumkan alamat email untuk komunikasi dengan pelanggan.

2. Katalog

Buat katalog untuk bisnis kita. Jika ada customer yang bertanya Anda tinggal klik katalognya dan langsung membagikannya ke customer.

3. Statistik

Melalui statistik kita bisa mengecek jumlah pesan yang sudah terkirim, jumlah pesan yang tersampaikan, jumlah pesan yang telah dibaca, dan jumlah pesan yang diterima.

4. Tautan Pendek

Kita bisa membuat link pendek yang diarahkan langsung ke bisnis kita.  Misalnya link nomor telepon atau pesan yang Anda inginkan. Memudahkan konsumen yang ingin langsung kontak ke kita.

5. Akun Tertaut

Kita bisa mensinkronkan Whatsapp bisnis kita dengan fanspage facebook. Ini untuk memudahkan agar nanti dari fanspage facebook kalo ada calon konsumen ingin menghubungi, mereka dapat langsung klik fanspages dan akan masuk ke WA bisnis kita. Sinkronkan profil WA dengan halaman facebook Anda.

6. Fitur Perpesanan

Fitur pesan di luar jam kerja. Fitur ini sangat membantu ketika ada customer yang menghubungi di luar jam kerja. Nantinya ada pesan otomatis yang menyampaikan, misal ” maaf toko sudah tutup, silakan coba esok hari”.

7. Salam

Fitur salam memungkinkan untuk menyapa langsung konsumen yang baru menghubungi kita. Content salam dapat kita tentukan sendiri isinya. Aktifkan/geser tombol salam. Nanti jika ada customer yang menghubungi maka WA akan langsung otomatis mengirimkan pesan salam.

8. Balas Cepat

Kita bisa membuat template pesan dibalas pesan. Jika ada customer atau audiense yang menghubungi maka fitur balas cepat ini akan bekerja sehingga kita tidak perlu mengetik ulang pesan.

9. Label Perpesanan

Dari banyaknya pesan/chat yang masuk tentunya kita repot jika harus scroll ke atas dan ke bawah hanya untuk mencari chat pelanggan tertentu. Untuk itu kita bisa meggunakan fitur tandai pesan dengan cara klik langsung pada chat. Kemudian labeli chat dengan menandainya , misal untuk yang telah membayar, menunggu pembayaran, pesanan selesai, ataupun pesanan baru dan lainnya. Anda bisa membuat sendiri label yang Anda inginkan.

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply