5 Tips Awet Menggunakan True Wireless Stereo (TWS)

5 Tips Awet Menggunakan True Wireless Stereo (TWS)

True Wireless Stereo (TWS) adalah perangkat nirkabel seperti headphone yang dirancang tidak memiliki kabel atau kawat penghubung apa pun. TWS bekerja dengan gelombang radio yang didukung koneksi Bluetooth untuk bisa tersambung dengan perangkat lain seperti smartphone, laptop atau komputer.

Perangkat ini jadi lebih mudah digunakan dan disimpan ketimbang headphone dengan kabel yang seringkali merepotkan. TWS menggunakan baterai berkapasitas tinggi yang dapat membuatnya dapat tetap digunakan, lengkap dengan wadah yang berfungsi untuk pengisian daya sekaligus tempat penyimpanan.

True Wireless Stereo (TWS) ataupun earphone bluetooth saat ini dibekali teknologi bluetooth terbaru yang lebih stabil, jangkauan frekuensi lebih jauh, kualitas suara yang lebih stabil dan no delay jika kamu gunakan untuk menonton film atau video.

Terlebih sudah ada fitur Noise Canceling yang bisa meredam suara. Sehingga saat digunakan untuk menonton, video call, ataupun gaming kamu tak akan terganggu oleh suara dari luar earphone.

Karena keunggulannya itu tidak mengherankan jika TWS dibandrol lebih mahal ketimbang earphone kabel pada umumnya. Sehingga perlu diperhatikan cara menggunakannya supaya awet.

Berikut 5 tips awet menggunakan TWS yang dirangkum Selular dari berbagai sumber.

1. Telinga Kering

Pastikan telinga kering sebelum pakai earphone bluetooth, pasalnya jika sering terkena air dapat membuatnya korsleting dan cepat rusak. Jadi, pastikanlah telinga benar-benar kering sebelum menggunakan earphone.

2. Bersihkan dengan Tisu

Jangan bersihkan aksesoris ini dengan lap basah, karena takut airnya akan bocor dan merusaknya. Bersihkan headphone dengan tisu yang kering atau lap dengan kain flanel. Untuk bagian speaker yang jadi tempat mengeluarkan suara, bersihkan dengan cotton buds, tapi jangan basahi dengan air. Sebagai gantinya, teteskan alkohol pada cotton buds, lalu bersihkan lubang-lubang kecil itu dengan teliti. Dengan begitu, suara yang keluar dari headphone akan tetap jernih dan nyaring.

3. Jangan Mengisi Daya Terlalu Lama

Saat meng-charge atau mengisi daya jangan biarkan selama semalam. Waktu ideal untuk mengisi daya listriknya, saat pertama kali dibeli, adalah 90 hingga 120 menit. Selanjutnya hanya butuh 60 menit untuk mengisi dayanya.

Sebaiknya isi daya earphone TWS ketika dalam kondisi mati. Setelah selesai, segera cabut lalu simpan jika tidak digunakan.

4. Hapus koneksi bluetooth yang tidak perlu

Untuk menjaga earphone bluetooth supaya tidak rusak, hapus koneksi bluetooth yanng tidak perlu. Kemungkinan aksesoris ini bisa ‘kewalahan’ oleh sejumlah hal yang mencoba menyambungkannya.

5. Rutin mengganti bantalan telinga

Kesesuaian di dalam liang telinga dapat memengaruhi peredam bising hingga kualitas suara. Untuk mengganti bantalan telinga, pegang dengan kuat dan tarik bantalan karet dari earbud. Setelah memasang bantalan telinga dengan ukuran yang berbeda, uji lah untuk memastikan segelnya sempurna. Kebisingan sekitar harus diredam secara signifikan. Segel yang baik juga akan membantu mencegah earphone jatuh.

Jauhi earphone bluetooth dari router WiFi

Untuk mencegah gangguan koneksi, disarankan untuk menjauhi router WiFi. Bisa jadi spektrum WiFi sama dengan earphone. Oleh sebab itu dapat menyebabkan beberapa gangguan.

Sumber: https://selular.id/2021/02/tips-menggunakan-tws-supaya-awet/, https://tirto.id/mengenal-headphone-tws-teknologi-keunggulan-dan-kekurangan-euHq

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply