5 Prediksi Tren Pemasaran Digital 2021

5 Prediksi Tren Pemasaran Digital 2021

Situs web perusahaan dan Facebook page yang ada sebagai bentuk mengikuti tren pemasaran digital sebelumnya telah dirasa cukup. Namun perkembangan pemasaran yang begitu cepat ternyata tak lagi cukup untuk menjangkau audiens yang Anda targetkan. Anda perlu mengikuti tren pemasaran digital terbaru untuk mengimbanginya.

Menurut Emarketer, 60% pemasar digital membuat satu atau lebih konten setiap hari. Dengan kerja keras dan konsistensi, lebih mudah untuk mengikuti tren pemasaran digital. Anda juga harus mengikuti pendekatan serupa untuk bisnis Anda.

Berikut beberapa tren pemasaran digital yang perlu Anda persiapkan di tahun 2021 dilansir dari bbntimes.com:

1. Pemasaran Email yang Dipersonalisasi
Email masuk ke kotak masuk kami karena beberapa alasan. Tren terbaru dalam pemasaran email berkonsentrasi pada pembuatan email yang dipersonalisasi. Anda dapat mempersonalisasi konten email berdasarkan geolokasi pengguna dan menggunakan nama tertentu.

Sesuai PinPointe, Anda dapat meningkatkan rasio terbuka kampanye pemasaran email Anda sebesar 35% saat Anda menggunakan nama tertentu di email. Berinteraksi dengan penerima email seperti teman Anda dan buat konten percakapan untuk memperkuat ikatan B2C.

2. Konten Visual
Anda berada di jalur yang benar jika strategi pemasaran digital Anda berfokus pada pengembangan konten visual. Video, khususnya, telah menjadi trendsetter dalam dunia internet marketing. Jika Anda telah mengabaikan konten video selama ini, inilah saat yang tepat untuk memperkenalkannya dalam strategi konten Anda.

Digital Marketing Institute mengklaim bahwa 52% konsumen setuju bahwa konten video memandu keputusan pembelian online mereka dan membantu membangun kepercayaan dengan suatu merek. Pemasaran influencer, dikombinasikan dengan streaming langsung, akan menguasai ceruk konten visual untuk tahun-tahun mendatang.

Agen pemasaran digital berfokus pada pembuatan video cerita merek, penjelasan produk, sesi Tanya Jawab langsung, dll., Untuk perusahaan Anda.

3. Keterlibatan Pengguna
Keterlibatan pengguna bukanlah konsep baru. Ini adalah aspek penting dari strategi pemasaran apa pun, apalagi pemasaran digital. Merek selalu melakukan upaya untuk berinteraksi dengan audiens target mereka untuk meningkatkan kesadaran dan mempercayakan penggunanya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Outgrow menginformasikan bahwa 93% pemasar mengklaim konten interaktif adalah yang terbaik untuk mendidik pembeli tentang produk dan layanan mereka. Anda dapat mengatur kuis, menjalankan polling, membuat iklan augmented reality, dll., Untuk meningkatkan interaksi pengguna.

4. Pendekatan Pemasaran Multisaluran
Pendekatan pemasaran omnichannel membantu Anda terhubung dengan konsumen di berbagai titik kontak digital. Platform ini mencakup email, aplikasi, blog, dan banyak lagi lainnya.

Menurut ClickZ, strategi pemasaran omnichannel mendorong keterlibatan tiga kali lebih banyak daripada pendekatan saluran tunggal. Lebih banyak saluran menyiratkan lebih banyak prospek, yang selalu mengarah pada peningkatan pendapatan dan konversi yang lebih tinggi.

Anda dapat membagikan pesan merek yang kohesif di berbagai platform. Strategi omnichannel juga memberi tahu Anda tentang saluran terbaik untuk merek Anda dan saluran yang perlu ditingkatkan kualitas kontennya. Jadi, ini adalah situasi win-win untuk Anda.

5. Pencarian Suara
Pencarian suara berbeda dari pencarian Google tekstual karena kata kunci yang terlibat. Misalnya, sebagian besar pengguna akan mengetik, “tren pemasaran digital” tetapi akan berkata, “apa tren pemasaran digital terbaru”. Perubahan kecil ini membuat perbedaan dunia pada hasilnya.

Menurut The Digital, lebih dari 46% konsumen menggunakan pencarian suara setiap hari untuk mencari bisnis di sekitar mereka. Jadi, tidak ada gunanya merumuskan strategi pemasaran digital Anda dengan mempertimbangkan kata kunci ekor panjang dari pencarian suara.

Perusahaan pemasaran online perlu mengadopsi pendekatan pencarian suara untuk menciptakan perjalanan pengalaman pengguna yang dioptimalkan. Hal yang sama akan membantu membina hubungan yang lebih sehat dan membangun kepercayaan di antara pengguna.

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply