5 Alasan Memasarkan Produk Anda Melalui Tiktok

5 Alasan Memasarkan Produk Anda Melalui Tiktok

Tahukah kamu? Sebelum Tik Tok booming kembali seperti sekarang, sudah ada banyak sekali praktisi digital marketing yang memprediksi kejayaan aplikasi ini di 2020. Apakah kamu termasuk pengguna Tik Tok?

Kalau tidak, boleh banget mulai saat ini gunakan Tik Tok sebagai salah satu aplikasi penunjang aktifitas bisnis kamu. Tik Tok ternyata nggak cuma un tuk seru-seruan aja loh tapi bisa jadi salah satu channel digital marketing. 6 hal berikut ini merupakan alasan kenapa Tik Tok bisa jadi media pemasaran yang sangat bagus untuk bisnis kamu.

1. Memiliki 500 Juta Pengguna Aktif

TikTok jadi aplikasi non-game terlaris di dunia untuk April 2020. Pengeluaran pengguna untuk TikTok lebih dari USD 78 juta. Pertumbuhannya 10 kali lipat dari April 2019, berdasarkan hasil riset, perusahaan riset pasar aplikasi mobile, Sensor Tower.

Nyatanya, Tik Tok punya 500 juta pengguna aktif yang ‘benar-benar aktif”. Para pengguna Tik Tok ini kebanyakan menggunakan Tik Tok memang sebagai alat untuk membuat konten. Hal inilah yang membedakan Tik Tok dengan aplikasi lain dimana platform lain tidak akan ‘membuat’ penggunanya untuk menghasilkan konten. 500 juta pengguna Tik Tok ini juga bakal melonjak drastis jumlahnya di 2020 ini.

2. Lebih dari 40% Pengguna Tik Tok Adalah Remaja

Tik Tok bagaikan ladang basah yang bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Pasalnya, lebih dari 40% pengguna Tik Tok adalah remaja. Salah satu konsumen terbesar barang-barang untuk gaya hidup adalah remaja. Kamu bisa gunakan Tik Tok untuk promosi barang-barang penunjang gaya hidup seperti pakaian dan kopi kekinian.

3. Easy To Use

Nggak semua orang bisa operasikan aplikasi editing macam Adobe Premiere. Tapi, semua orang bisa bikin konten dengan Tik Tok. Dengan fiturnya yang mudah digunakan, kamu bisa bikin video lucu dengan sangat mudah.

4. Banyak Influencer Gunakan Tik Tok

Tik Tok banyak digunakan oleh influencer. Ini bakal menguntungkan pebisnis yang ingin endorse barang. Pasalnya, ketika suatu platform sudah dimasuki influencer, otomatis fanbase dari artis tersebut juga terpengaruh untuk main Tik Tok. Nah, manfaatkan hal ini untuk memviralkan produkmu.

Memulai challenge Tiktok bersama influencer membuat brand anda makin dikenal oleh konsumen. Anda juga dapat membayar influencer untuk membuat video yang mempromosikan produk Anda dengan cara yang asik dan menyenangkan.

5. Konten Tik Tok Relatif Lebih Sering Dishare

Konten video Tik Tok sangat mudah untuk mendapatkan share. Ini bakal menguntungkan kamu yang ingin mendapatkan momentum viral bagi produk kamu. Untuk itu, kamu perlu membuat konten yang sekreatif mungkin.

Jika kamu berbisnis seputar perlengkapan olahraga misalnya pakaian olahraga, alat-alat olahraga, dan berbagai macam suplemen, manfaatkan TikTok untuk membagikan tips sederhana seputar olahraga dan kesehatan. Gunakan Tik Tok sebagai wadah untuk berbagi dan mengajak lebih banyak orang menerapkan pola hidup sehat, melalui konten-konten seputar tips olahraga.

6. Adanya Iklan Berbayar

Diawal kemunculan, TikTok tidak memiliki iklan. Namun sekarang ini, Anda semakin mudah mendapati iklan berbayar. Iklan berbayar ini telah berjalan sejak awal tahun 2019. Di TikTok, ada 4 jenis iklan yang perlu Anda ketahui:

  • Konten Asli: Jenis iklan ini mirip dengan iklan stories Snapchat atau Instagram dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.
  • Penyebutan Brand: Ini memungkinkan brand mengambil alih TikTok untuk hari itu. Mereka dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan link ke laman yang dituju atau challenge hashtag.
  • Challenge Hashtag: Daripada membuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri, Anda dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak engagement.
  • Lensa Brand: Lensa berisi konten brand ini seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.

Seperti halnya platform media sosial, iklan dapat membantu Anda menjangkau banyak pengguna di platform tersebut. TikTok juga menawarkan penargetan yang tepat sehingga Anda dapat memastikan iklan Anda menjangkau pengguna yang tepat yang akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Aplikasi berbagi video singkat, TikTok memperkenalkan produk barunya TikTok for Business. Fitur ini telah rilis di Indonesia mulai Sabtu (27/6/2020). TikTok for Business memiliki sejumlah tools agar tim pemasaran bisa mempromosikan merek mereka dan berinteraksi dengan pengguna platform tersebut.

Fitur utama yang ditawarkan TikTok kepada pengguna korporasi adalah:

  • TopView, yang memungkinkan iklan perusahaan muncul ketika pengguna TikTok membuka aplikasi.
  • Brand Takeover, yang memungkinkan pengguna korporasi menampilkan iklan pendek berdurasi 3-5 detik berupa video atau gambar.
  • Fitur In-feed Video, yang memungkinkan pengguna korporasi menampilkan iklan panjang berdurasi 60 detik.
  • Fitur Hashtag Challenge, yang memungkinkan suatu brand berpartisipasi dalam berbagai kampanye komunitas. Brand tersebut bisa mengundang pengguna TikTok, untuk membuat konten di setiap tagar kampanyenya.
  • Fitur Branded Effect, yang memungkinkan pengguna korporasi terlibat dalam pembuatan konten komunitas atau pengguna individu. Fitur ini memungkinkan suatu merek atau produk ditambahkan dalam video, dengan format 2D, 3D, atau AR.

(sumber: biznet.co.id, omnilinkz.com, katadata.co.id)

About The Author

Restia Setiowati

No Comments

Leave a Reply